Senin, 07 November 2011

Kesan dan Pesan untuk mata kuliah Pengantar Teknologi Informasi

Sebenarnya postingan kali ini saya kurang begitu yakin, apa ini sebuah tugas yang tentunya akan berbuah nilai, atau sekadar curhatan serta kritik saran yang diharapkan seorang dosen dari mahasiswanya.

Terlepas dari itu semua, saya akan coba tuliskan kesan dan pesan saya selama mengikuti mata kuliah tersebut. Toh saya memang sedikit hoby nulis-nulis di blog :D, jadi jika artikel ini tidak termasuk hitungan nilai, saya anggap ini sebagai aktivitas blogging saya saja, yang memang akhir-akhir ini sedang mengalami penurunan produktivitas yang cukup drastis.. :)) *alias sudah jarang ngeblog..

Baiklah sebelum saya memulai, ada baiknya perlu diketahui, bahwa saya adalah mahasiswa konversi/lanjutan, tapi dari jurusan yang berbeda, yaitu teknik elektro D3 ke Teknik Informatika S1. Saya juga sudah bekerja, dan jam kerja saya dari senin - jumat, dari pukul 08.00 - 17.00.  Padahal secara umum di UNSIKA, perkuliahan sore dimulai dari jam 16.00, yang artinya setiap mata kuliah pertama di sore hari, dipastikan saya akan selalu terlambat, dan tidak tanggung-tanggung telatnya hampir 1,5 jam, karena saya baru bisa tiba di kampus pukul 17.30 :-(

Selayaknya mahasiswa normal lainya :D saya juga ingin cepat lulus, dan untuk mencapai tujuan saya tersebut, berarti saya harus memaksimalkan jumlah SKS yang saya ambil. Untuk semester ini saya mengambil 22 SKS, dan tentu saja mata kuliah yang harus saya ikuti juga banyak.

Dari sekian banyak mata kuliah yang saya ikuti, dan juga schedule yang ada (sebisa mungkin saya menghindari schedule mata kuliah yang pukul 16.00), tapi karena mata kuliah yang saya ambil cukup banyak, maka mau tidak mau, harus tetap ada mata kuliah yang saya ikuti pada pukul 16.00. Sehingga saya harus membuat daftar semua mata kuliah yang saya ambil berdasar prioritas/kepentingan mata kuliah tersebut.

Pada awalnya, mata kuliah Pengenalan teknologi informasi ini (mohon maaf) kurang begitu saya prioritaskan, sehingga tadinya saya mau mengambil schedule yang pukul 16.00, meskipun nantinya akan telat di setiap pertemuanya, saya kira tidak akan begitu merugikan, karena awalnya saya berfikir, toh mata kuliah ini sekedar teori saja, dan dapat saya pelajari sendiri, serta materinya bisa saya cari di internet. Sedangkan yang pukul 19.00-nya akan saya gunakan untuk mengikuti mata kuliah lain yang lebih saya prioritaskan.

Tapi pada akhirnya, setelah melewati banyak pertimbangan, saya putuskan mengambil schedule yang pukul 19.00 saja, sehingga saya dapat mengikutinya fulltime. Dan taukah kesan pertama saya mengikuti mata kuliah ini?? Waw.. AMAZING.. saya sangat tertarik dengan cara penyampaian Bpk. Ade Andri Hendriadi membawakan mata kuliah ini, beliau terlihat sangat menguasai setiap materi yang akan disampaikan, berbekal slide materi yang juga mendukung, presentasi beliau selalu terlihat hidup dan dapat memukau kami selaku audience. Wawasan beliau juga terlihat sangat luas, hampir semua teknologi terkini beliau ketahui. Cara beliau menyampaikan pun begitu asyik, terkadang disela-sela materi beliau menyisipinya dengan ilustrasi-ilustrasi maupun pengalaman-pengalaman pribadi beliau yang sangat menarik. Tidak rugi saya mengambil kelas malam (pukul 19.00) "batin saya".

Saat itu juga, mind set saya sebelumnya tentang mata kuliah penuh teori yang membosankan pun musnah seketika, bahkan kini mata kuliah ini menjadi mata kuliah favorit yang wajib saya ikuti.. :) Dan saya ingin tegaskan disini, bahwa ini adalah murni pendapat saya pribadi, benar-benar penilaian objektif seorang mahasiswa terhadap Dosen-nya. Jadi bukan berarti karena saya ada tugas untuk membuat artikel tentang kesan mengikuti mata kuliah ini, lantas saya coba membaik-baikan beliau, sama sekali tidak.

Dari metode pengajaran-nya pun sangat efektif, awalnya di setiap pertemuan beliau hanya menjelaskan beberapa teori singkat berikut penjelasanya, tapi setelahnya, mahasiswa diberikan tugas membuat berbagai artikel yang cukup banyak via blog. Dan mau tidak mau kami harus bekerja extra keras mencari sendiri materinya di internet, meski cukup melelahkan tapi saya benar-benar menikmatinya.. :)

Ibarat dalam dunia pemancingan, beliau hanya memberikan kail dan sedikit umpan kepada kami untuk mendapatkan ikan (baca : ilmu). Adapun banyak sedikitnya, serta besar kecilnya ikan yang didapat, itu tergantung bagaimana kita memancing, seberapa rajin kita memancing, dimana kita memancing, serta seberapa niat dan kesungguhan kita memancing. Dan menurut saya ini adalah sebuah metode pengajaran yang sangat efektif. Karena saya yakin jika setiap mahasiswa benar-benar mengikuti jalannya perkuliahan dengan sungguh-sungguh, kemudian mengerjakan setiap tugas yang diberikan dengan sebaik-baiknya, maka hasil yang didapatkan juga pastinya akan sangat baik bagi mahasiswa yang bersangkutan.

Mungkin itu sekilas penilaian saya terhadap perkuliahan "Pengantar Teknologi Informasi" yang diampu oleh Bpk Ade Andri Hendriadi S.si., M.Kom,

Saran saya untuk beliau, mungkin porsi waktu mengajar bisa sedikit ditambah, karena waktu satu jam, terasa begitu singkat bagi kami yang kadang terkesima melihat baliau berceramah :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar